Pj Bupati Mamasa Muh. Zain Beri Sambutan Perdana di Momen Iduladha

Suasana solat iduladha di lapangan tennis mamasa, kelurahan mamasa

Pj Bupati Mamasa Muh. Zain Beri Sambutan Perdana di Momen Iduladha

JOURNALINVESTIGASI.COM, MAMASA – Penjabat (Pj) Bupati Mamasa, Muh. Zain beri sambutan pada kegiatan salat berjamaah Iduladha untuk pertama kalinya, di Lapangan Kondosapata’, Kelurahan Mamasa, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Senin (17/6/2024).

Pada kesempatan itu ia mengucap syukur dapat melaksanakan Iduladha di Mamasa untuk pertama kali dan juga mungkin terakhir kali baginya.

Selain itu ia juga menyampaikan permohonan maaf jika ada hal yang kurang berkenan selama kurang lebih enam bulan menjabat.

Bagi Muh Zain, Iduladha lebih mulia daripada Idulfitri

“Idul kurban sesungguhnya lebih mulia daripada Idulfitri,” ujarnya.

Ia mengatakan, pengurbanan hewan ini meneladani Nabi Ibrahim Alaihissalam (AS).

Nabi Ibrahim AS, lanjut Muh Zain, kerap disebut Abul Anbiya atau bapak para nabi.

“Kenapa disebut bapak para nabi, karena hampir seluruh agama-agama besar di dunia secara genetik berasal dari keturunan Nabi Ibrahim,” katanya.

“Yahudi itu Nabi Yakub. Yakub itu juga masih dari nabi Ibrahim. Yesus Kristus atau nabi Nasrani, Nabi Isa AS itu juga putranya Nabi Ibrahim dari garis Ishak. Muhammad SAW itu dari garis Ismail yang kita peringati pada hari ini,” terangnya.

Iduladha dimaknai Muh Zain, sebagai pengorbanan dan berbagi dengan sesama.

Gotong royong dan kebersamaan dalam menangani bencana longsor di sejumlah titik di Mamasa, menurutnya adalah salah satu wujud dari makna Iduladha.

“Alhamdulillah dengan gotong royong, kebersamaan, kohesi sosial, kita bersama-sama, sikamase-mase (saling mengasihi), sehingga dalam waktu kurang lebih satu bulan kita bisa menyelesaikan lebih 200 titik,” tuturnya.

Pos terkait